Beberapa Faktor dan Penyebab Jerawat

Sponsored Link
Ads[300x250]
Faktor Penyebab Jerawat - untuk post pertama kali di Infomuu, saya ingin membahas Faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan jerawat serta menjelaskan lebih mendalam. nah, oleh karena itu sekarang kita mengorek-orek isi dan penyebab terjadinya Jerawat, mungkin diantara kita masih banyak yang belum mengerti faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan Jerawat. hmm memang sih untuk penyakit yang satu ini menjadi kendala yg sulit bagi para anak muda/kaum muda yang lagi masa puber, karena rasa sakit,rasa kurang nyamannya pada kulit kita, dan yang terlebih dapat mengganggu rasa percaya diri.

Penyebab Jerawat

Nah sebelum melanjutkan lebih jauh. Saya ingin memberikan info sedikit tentang jerawat. Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat, sehingga dapat menimbulkan kantung nanah yang meradang. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak dikulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress. Nah faktor-faktor lain penyebabnya akan dijelaskan dibawah ini. langsung aja kita baca dibawah ini faktor penyebab timbulnya jerawat.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Faktor Penyebab jerawat antara lain :

1. Produksi Minyak Berlebihan

Jerawat tidak melulu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

 2. Sel-Sel Kulit Mati

Umumnya, jerawat dsebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah sebum yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

3. Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit nih sobat, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen, kalo yang ini yang paling menjengkelkan karena jerawat batu identik lama sembuhnya hehe.

 4. Kosmetik

Nah ini juga info buat anda2 pengguna kosmetik, kita harus berhati-hati dalam memilih dan menggunakan kometik, karena penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

5. Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat, wah sama seperti penggunaan kosmetik sobat, kita juga harus berhati-hati dengan obat-obatan.

6. Faktor keturunan

Kalo yang ini paling sulit untuk dihindari, karena factor gen sangat berpengaruh penting kepada  keturunan. Jika orang tua kita pada masa mudanya berjerawat, bisa dipastikan kita sebagai anak-anaknya pun mengalami hal yang sama.

7. Faktor lingkungan

Polusi sangat berkontribusi terhadap akumulasi mikro-partikel dalam pori-pori yang dapat menyebabkan komedo pada tubuh kita.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Nah demikian beberapa info yang dapat Infomuu bagi untuk para sahabat. somaga info ini dapat menambah wawasan kita tentang dunia kesehatan. Jangan lupa untuk Berbagi!
Ads[300x250]