Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia - Vitamin C (asam askorbat). Vitamin C adalah vitamin yang larut air, yang berarti bahwa tubuh Anda tidak dapat menyimpannya. Kita harus mendapatkan apa yang kita butuhkan dari makanan, termasuk buah-buahan seperti jeruk, brokoli, dan tomat. 

Anda membutuhkan vitamin C untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh bagian tubuh Anda. Ini membantu tubuh membentuk kolagen, protein penting yang digunakan untuk membuat pembuluh kulit, tulang rawan, tendon, ligamen, dan darah. Vitamin C diperlukan untuk penyembuhan luka, dan untuk memperbaiki dan memelihara tulang dan gigi

Vitamin C sebagai antioksidan, bersama dengan vitamin E, beta-karoten, dan banyak nutrisi nabati lainnya. Antioksidan memblokir beberapa kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, zat yang merusak DNA. Radikal bebas dari waktu ke waktu dapat menyebabkan penuaan dan perkembangannya juga mengakibatkan penyakit pada kesehatan tubuh kita seperti kanker, penyakit jantung, dan arthritis

Vitamin C
Vitamin C

Sangat jarang orang mengalami kekurangan vitamin C secara serius, meskipun bukti menunjukkan bahwa banyak orang mungkin memiliki tingkat rendah vitamin C pada tubuh mereka. Bagi para perokok juga harus berhati-hati lho! karena Merokok dapat menurunkan jumlah vitamin C dalam tubuh, sehingga perokok beresiko tinggi kekurangan Vitamin C. 

Tanda-tanda kekurangan vitamin termasuk rambut kering dan membelah; gingivitis (radang gusi) dan gusi berdarah; kulit menjadi kasar, kering dan bersisik; menurunnya tingkat penyembuhan pada luka, mudah memar; mimisan; dan penurunan kemampuan untuk menangkal infeksi. Suatu bentuk parah dari kekurangan vitamin C dikenal sebagai penyakit kudis

Rendahnya tingkat vitamin C telah dikaitkan dengan sejumlah kondisi, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit kandung empedu, stroke, beberapa jenis kanker, dan aterosklerosis, penumpukan plak di pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Mendapatkan cukup vitamin C dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran dapat membantu mengurangi risiko mengembangkan beberapa kondisi ini. Tidak ada bukti yang meyakinkan bahwa mengkonsumsi vitamin suplemen C akan membantu atau mencegah kondisi ini. 



  • penyakit jantung


Hasil penelitian ilmiah tentang apakah vitamin C membantu mencegah serangan jantung atau stroke adalah campuran. Vitamin C tidak menurunkan kadar kolesterol atau mengurangi risiko keseluruhan serangan jantung, tetapi bukti menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu melindungi arteri terhadap kerusakan.

Beberapa penelitian - meskipun tidak semua. Menunjukkan bahwa tindakan vitamin C sebagai antioksidan, dapat memperlambat perkembangan aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah). Ini membantu mencegah kerusakan LDL ("buruk") kolesterol, yang kemudian terakumulasi sebagai plak di arteri dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke. Studi lain menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu menjaga arteri tetap fleksibel. 

Selain itu, orang yang memiliki kadar rendah vitamin C mungkin lebih cenderung memiliki serangan jantung, stroke, atau penyakit arteri perifer, semua memiliki potensi hasil aterosklerosis. Penyakit arteri perifer adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan aterosklerosis pembuluh darah ke kaki. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit saat berjalan, yang dikenal sebagai klaudikasio intermiten. Tetapi tidak ada bukti bahwa mengkonsumsi suplemen vitamin C akan membantu. 

Hal terbaik untuk dilakukan adalah mendapatkan cukup asupan vitamin C melalui konsumsi makanan Anda. Dengan cara itu, Anda juga mendapatkan manfaat antioksidan dan nutrisi yang terkandung dalam makanan. 

  • Tekanan Darah Tinggi 


Studi berbasis populasi (yang melibatkan kelompok besar untuk mengamati orang dari waktu ke waktu) menunjukkan bahwa orang yang makan-makanan yang kaya antioksidan, termasuk vitamin C. Memiliki resiko lebih rendah dari tekanan darah tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki pola makan yang buruk. Mengonsumsi makanan kaya vitamin C penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, terutama jika Anda berada pada risiko untuk tekanan darah tinggi. Dokter paling sering merekomendasikan untuk pengobatan dan pencegahan tekanan darah tinggi, yang dikenal sebagai DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Dengan cara mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran, yang mengandung serat dengan antioksidan. 

  • Menyembuhkan Flu


Meskipun kepercayaan banyak orang bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C bisa menyembuhkan flu biasa, namun bukti ilmiah tidak mendukung gagasan itu. Mengkonsumsi suplemen vitamin C secara teratur hanya menghasilkan pengurangan kecil terhadap flu hanya dalam sehari. Satu-satunya bagian lain dari bukti yang mendukung vitamin C untuk mencegah pilek berasal dari studi yang meneliti orang-orang yang berolahraga di lingkungan yang ekstrim (atlet seperti pemain ski dan pelari maraton, dan tentara di Arktik). Dalam studi ini, vitamin C tampaknya mengurangi risiko pilek. 

  • kanker 


Berbagai penelitian berbasis populasi (mengevaluasi kelompok orang dari waktu ke waktu) menunjukkan bahwa makan-makanan yang kaya vitamin C dapat dikaitkan dengan tingkat yang lebih rendah dari penyakit kanker(memiliki risiko lebih rendah terkena kanker), termasuk kanker kulit, displasia serviks (perubahan pada leher rahim yang dapat menyebabkan kanker atau prakanker), dan mungkin kanker payudara. 

  • Osteoarthritis 


Vitamin C sangat penting bagi tubuh untuk membuat kolagen, yang merupakan bagian dari tulang rawan normal. Hancur tulang rawan pada osteoartritis (OA), menempatkan tekanan pada tulang dan sendi. Selain itu, beberapa peneliti berpikir radikal bebas - molekul yang diproduksi oleh tubuh yang dapat merusak sel dan DNA. Hal ini juga yang memungkin terjadinya penghancuran tulang rawan. Antioksidan seperti vitamin C muncul untuk membatasi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Namun, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen vitamin C akan membantu mengobati atau mencegah OA.

  • Penyakit Mata


Vitamin C (500 mg) muncul untuk bekerja dengan antioksidan lain, termasuk seng/zinc (80 mg), beta-karoten (15 mg), dan vitamin E (400 IU) untuk melindungi mata terhadap pengembangan degenerasi makula (AMD), penyebab utama hukum kebutaan pada orang di atas usia 55 di Amerika Serikat. 

  • Pre-eklampsia 


Beberapa studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin C bersama dengan vitamin E dapat membantu mencegah pre-eklampsia pada wanita berisiko tinggi. Pre-eklampsia, ditandai dengan tekanan darah tinggi dan terlalu banyak protein dalam urin, merupakan penyebab umum dari kelahiran prematur. 

  • Asma 


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar rendah vitamin C lebih sering terjadi pada penderita asma, menyebabkan beberapa peneliti berpikir bahwa rendahnya kadar vitamin C dapat meningkatkan risiko untuk penyakit asma. Studi lain tampaknya menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi vitamin C dapat membantu mengurangi gejala asma akibat olahraga. 


  • Manfaat Lain Vitamin C


  1. Meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh 
  2. Mempertahankan gusi sehat 
  3. Meningkatkan visi bagi mereka dengan uveitis (peradangan bagian tengah mata) 
  4. Mengobati kondisi yang berhubungan dengan alergi, seperti asma, eksim, dan alergi (disebut rhinitis alergi) 
  5. Mengurangi efek paparan sinar matahari, seperti kulit terbakar atau kemerahan (disebut eritema) 
  6. Mengurangi mulut kering, terutama dari obat antidepresan (efek samping yang umum dari obat ini) 
  7. Penyembuhan luka bakar dan luka 
  8. Penurunan gula darah pada penderita diabetes 


  • sumber makanan 


Beberapa sumber yang sangat baik dari vitamin C adalah Jambu biji, jeruk, paprika hijau, semangka, pepaya, jeruk, melon, stroberi, kiwi, mangga, brokoli, tomat, kubis Brussel, kembang kol, kubis, kentang, labu musim dingin, raspberry, blueberry, cranberry, dan nanas.

Vitamin C sensitif terhadap cahaya, udara, dan panas, sehingga Anda akan mendapatkan hasil maksimal dari vitamin C jika Anda makan buah-buahan dan sayuran mentah atau dimasak sebentar.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat dan Fungsi Vitamin C Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Jangan lupa baca juga tentang Menghilangkan bekas jerawat dan vitamin B kompleks. Terima Kasih!
Ads[300x250]