Manfaat, Fungsi, dan Resiko Vitamin E Bagi Tubuh Manusia

Sponsored Link
Ads[300x250]
Manfaat, Fungsi, dan Resiko Vitamin E Bagi Tubuh Manusia - Vitamin E penting untuk melindungi membran sel. Suplemen Vitamin E telah menjadi populer sebagai antioksidan, zat yang studi tunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. The British Dietetic Association mengatakan beberapa phytochemical seperti flavonoid, glukosinolat dan phyto-estrogen "bertindak sebagai antioksidan, yang dapat mengurangi kerusakan sel membran DNA dan sel. Namun, apakah ada manfaat dari antioksidan yang masih belum jelas".

Memang dari segi apapun dinyatakan dan di survei. kita dapat melihat dan menilai bahwa Vitamin E sangatlah penting bagi tubuh kita, karena banyak sekali manfaat yang dapat kita gunakan dan kita butuhkan dari vitamin E. pasti penasaran kan, baca dan simak ulasan tentang manfaat, fungs, dan resiko vitamin E dibawah ini!


Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin E dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

Zat Pelindung

Melindungi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh jaringan tubuh dari kerusakan. Selain bisa melindungi dari akibat kelebihan vitamin A dan melindungi vitamin A dari kerusakan, vitamin ini juga bisa melindungi tubuh dari akibat berbagai macam obat, bahan kimia, dan logam yang mendukung pembentukan radikal bebas.

Kesehatan Kulit

Berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas,  kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Sebagai Antioksidan

Semua vitamin E adalah antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan beroperasi sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas. Dalam reaksi tersebut, vitamin E sendiri diubah menjadi radikal. Namun radikal ini akan segera beregenerasi menjadi vitamin aktif melalui proses biokimia yang melibatkan senyawa lain.


  • Vitamin E, dosis dan petunjuk penggunaan

NHS mengatakan jumlah vitamin E yang Anda butuhkan adalah:
  1. 4Mg hari untuk pria
  2. 3mg sehari untuk wanita
  3. Tingkat aman atas ditoleransi dari suplemen adalah jumlah tertinggi yang kebanyakan orang dapat mengambil aman. Dosis yang lebih tinggi dapat digunakan untuk mengobati kekurangan vitamin E tapi jangan pernah mengambil lebih kecuali dokter mengatakan untuk melakukannya.
  4. Untuk orang dewasa tingkat yang aman untuk vitamin E adalah 540mg / hari.
  5. Karena vitamin E larut dalam lemak, suplemen terbaik diserap dengan makanan.

  • Sumber Makanan Vitamin E

Kebanyakan orang mendapatkan cukup vitamin E dari makanan. Sumber yang baik dari vitamin E antara lain:
  1. Minyak nabati, seperti minyak zaitun dan kedelai
  2. Sayuran berdaun hijau, seperti bayam
  3. Alpukat, pepaya, mangga, pisang, kiwi Dll
  4. Sereal dan makanan lain
  5. telur
  6. kacang

  • Informasi Suplemen Vitamin E

Vitamin E tersedia dalam tablet, kapsul dan cairan. Itu standar dalam multivitamin. Vitamin E juga dijual sebagai salep topikal. Seperti suplemen apapun, tetap suplemen vitamin E harus di tempatkan pada area yang sejuk dan kering, jauh dari kelembaban dan sinar matahari langsung.

Ada delapan jenis vitamin E. Alpha-tokoferol adalah yang paling umum. Ini juga bentuk yang paling aktif.

  • Peringatan Vitamin E

Banyak orang yang menggunakan vitamin E untuk mengencerkan darah tanpa berbicara atau berhubungan dengan para dokter terlebih dahulu. Hal ini yang menjadi sangat berisiko, karena bila anda mengkonsumsi lebih dari dosis yang ditentukan maka akan menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya, contoh efek samping mengkonsumsi vitamin E yang berlebih seperti:
  1. Meningkatkan Resiko Stroke Hemoragik
  2. Meningkatkan Resiko Kanker Prostat
  3. Efek Samping Lainnya : mual, diare, kram perut, merasa sangat lelah, badan terasa lemas, nyeri kepala, penglihatan kabur, bercak kemerahan pada kulit, memar, dan perdarahan.
  4. tapi ada resiko yang sangat berbahaya bila dikonsumsi dosis tinggi pada saat anda memiliki/terkena penyakit jantung atau diabetes. karena dapat meningkatkan resiko kematian.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekian dolo informasi dari Infomuu yang dapat dibagikan. semoga infomasi tentang "Manfaat, Fungsi, dan Resiko Vitamin E Bagi Tubuh Manusia" ini dapat berguna untuk kita smua. Terima Kasih!
Ads[300x250]